Elektromagnetisme

 

Elektromagnetisme


Elektromagnetisme (IPA: /ɛlɛktromaknɛtˈɪsmə/bahasa Belandaelektromagnetisme) adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari hubungan antara medan listrik dan medan magnet di dalam rangkaian listrik yang menghasilkan gaya gerak listrik dan medan elektromagnetik. Konsep utama dalam elektromagnetisme adalah induksi elektromagnetik yang didasari oleh hukum induksi Faraday. Prinsip elektromagnetisme diterapkan pada sistem kerja transformatorinduktormotor listrikgenerator listrik dan solenoid.


Di dunia modern, kami menggunakan magnet dengan banyak cara yang berbeda. Dari bagaimana pintu kulkas menutup hingga cara headphone Anda memutar musik, dari pembangkitan dan transmisi listrik, hingga mesin di mobil Anda. Semua itu menggunakan gaya magnet dalam beberapa cara atau lainnya.

Mengingat keberadaan magnet yang kini telah digunakan di mana-mana, peradaban kita mencapai momennya saat ini akan tidak berguna tanpa adanya magnet. Kami tidak akan menemukan cara bagaimana memindahkan arus listrik ke seluruh negeri. Semua motor listrik kita juga tidak akan berguna. Dan kami tidak akan bisa berbicara dari jarak jauh seperti yang biasa kami lakukan.

Oleh karena itu, kita tidak boleh menerima konsep ini begitu saja. Sebaliknya, kita harus, kita disini bukan hanya para ilmuwan tapi kita semua, haruslah mencoba memahami lebih mendalam tentang magnet secara keseluruhan seperti: bagaimana prinsi kerjanya, apa hubungan antara listrik dan magnet, dan bagaimana cara mereka membuat dunia kita berputar.

Ini adalah tugas kami dalam rangkaian artikel berikut untuk membantu semua orang memahami mengapa elektron memiliki daya magnet atau mengapa arus listrik dapat menghasilkan medan magnet, coba jelaskan. Mengapa fluks magnet dapat menyebabkan muatan listrik, atau mengapa semua hal ini begitu penting untuk kehidupan kita.

Mari kita lihat seputar medan magnet dari konsep yang paling sederhana hingga yang terpenting dari teknologi magnetik itu sendiri.

Apa itu Magnetik?
Magnetik adalah gaya yang ada di dalam dan di antara benda yang dihasilkan oleh gerakan elektron, dan kemudian menghasilkan gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antar kedua benda yang berbeda. Ini adalah gaya 'non-kontak' yang mempengaruhi setiap objek yang berbeda di dunia, pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, dan itu adalah hasil dari pergerakan partikel subatomik, elektron, dan juga muatan listrik di dalamnya.
Share:

1 komentar:

ads

Advertisement

Tags

Labels